Saturday, October 11, 2008

ENJOY THE LIVE

(Si Pengantar makanan Wang Chuan menceritakan sebuah cerita)

Ada seorang tua yang tiap hari menghabiskan waktunya mancing di sebuah danau. Sambil sesekali rebahan, ia lantas meminum kopi dan merokok. Si orang tua itu sangat sabar mengamati pancingannya berjam – jam tanpa rasa bosan. Seorang pemuda yang baru lulus universitas dan ingin menikmati sedikit waktu luangnya sebelum nanti bekerja memperhatikan si orang tua itu selama beberapa hari ini. Timbul rasa ingin tahu si pemuda dan menanyakan kepada orang tua itu.

Si orang tua itu menjawab, “ Aku mencari ikan”

Melihat cara orang tua itu mencari ikan lantas si pemuda menyarankan kenapa tidak memakai jala saja sehingga tangkapannya bisa lebih banyak. Dari hasil penjualan ikan itu kemudian bisa dibelikan perahu kecil untuk mencari ikan lebih banyak lagi, dan barangkali usahanya bisa berkembang dan maju, lalu bisa membeli kapal dan sanggup mempekerjakan orang-orang untuk mencari ikan. “ Anda bisa menikmati hidup setelah itu”, kata si pemuda.

Saran si pemuda itu lantas ditanggapi si orang tua itu dengan berkata,” Kalau aku melakukan saranmu, punya jala, kemudian membeli perahu kecil, lalu punya usaha penangkapan ikan, dan dari jerih payahku itu katamu aku bisa menikmati hidup. Tentu aku tak akan melakukannya. Kenapa aku harus berputar – putar dan bersusah payah kalau toh akhirnya aku akan kembali ke danau ini dan memancing ikan selama berjam – jam, sambil rebahan minum kopi dan menghisap rokokku. Aku sudah menikmati hidupku anak muda ....


Janu Jolang
Catatan Saku Imigran Gelap Di Amerika

No comments:

 
Site Meter